Etika Dalam Berbisnis

pengertian etika
pengertian etika
Bisnis merupakan aktivitas yang dilakukan manusia dengan jelas memiliki kesepakatan-kesepakatan manusiawi yang diterima secara universal. Hal universal itu berupa kepatutan-kepatutan dalam berbisnis mengembangkan apa yang kemudian disebut "etika bisnis". 


Memahami etika bisnis pada masa kini semakin terkait dengan pencapaian sebuah usaha. Makin modern, ternyata manusia tidak cukup sekedar mengejar materi melainkan trend. Bisnis yang beretika semakin menjadi tuntutan,hal ini yang mengakibatkan prilaku bisnis pun mengalami perubahan secara berkala seiring perkembangan zaman.

Pengertian Etika

Etika berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu "etbokos" yang berarti "timbul dari kebiasaan". Etika adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standart penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti : benar, salah,baik, buruk dan tanggung jawab. Etika terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu ; meta-etika (Studi konsep etika) , etika normatif ( studi penentuan nilai etika), dan etika terapan ( studi penggunaan nilai-nilai etika ). (wikipedia.org).

Etika bisnis memiliki padanan kata yang bervariasi, yaitu : Bahasa Belanda , bedrijfsethiek (etika perusahaan ) ,Unternehmensethik ( etika usaha ), Bahasa Inggris , corporate ethics ( etika korporasi ).

Analisis Arti Etika

Untuk menganalisis arti-arti etika, Bertens membedakan nya menjadi 2 jenis etika , yaitu : pertama , etika sebagai praktek nilai-nilai dan norma-norma moral sejauh dipraktekkan atau justru tidak walaupun seharusnya dipraktekkan. Apa yang dilakukan sejauh ini sesuai atau tidak dengan nilai dan norma moral.

Kedua, etika sebagai refleksi pemikiran moral, adalah berpikir tentang apa yang dilakukan dan khususnya tentang apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan. Berbicara tentang etika sebagai praksis atau mengambil praksis etis sebagai objeknya. Menyoroti dan menilai baik buruknya prilaku orang dapat dijalankan pada taraf dan populer maupun ilmiah.

Perkembangan Etika Bisnis

Masih menurut pandangan Bertens,etika bisnis terus berkembang dari masa ke masa . Berikut ini pembabakan perkembangan etika.

Situasi Dahulu

Pada awal sejarah filsafat , Plato , Aristoteles dan filsuf-filsuf Yunani lain menyelediki bagaimana sebaiknya mengatur kehidupan manusia bersama dalam negara dan membahas bagaimana kehidupan ekonomi dan kegiatan niaga harus diatur. Masa Peralihan Tahun 1960-an.

Etika Bisnis Lahir di AS

Pada tahun 1970-an sejumlah filsuf mulai terlibat dalam memikirkan masalah-masalah etis di sekitar bisnis dan etiket bisnis dianggap sebagai suatu tanggapan tepat atas krisis moral yang sedang meliputi dunia bisnis di AS (Amerika Serikat).

Etika bisnis Meluas ke Eropa 

Pada tahun 1980-an di Eropa Barat , etika bisnis sebagai ilmu baru yang mulai berkembang kira-kira 10 tahun kemudian. Terdapat forum pertemuan antara akademisi dari Universitas serta sekolah bisnis yang disebut European Business Ethics Network (EBEN).

Etika Bisnis Menjadi Fenomena Global

Pada tahun 1990-an tidak terbatas lagi pada dunia Barat. Etika bisnis sudah dikembangkan di seluruh dunia dan telah didirikan International Society for Business,Economics and Ethics (ISBEE) pada 25-28 Juli 1996 di Tokyo.


0 komentar:

Posting Komentar