Sifat dan Karakteristik Wirausaha

Sifat dan Karakteristik Wirausaha


sifat dan karakter wirausaha
sifat dan karakter wirausaha
Shane ( 2003 ) dalam Helmi dan Megasari (2009) mengelompokkan karakteristik psikologis yang mempengaruhi seseorang dalam memanfaatkan peluang dibandingkan yang lain kedalam 4 aspek , 
yaitu :
  1. Kepribadian
  2. Motivasi
  3. Evaluasi diri
  4. Sifat-sifat kognitif

Kepribadian

Kepribadian dan motivasi seseorang akan berpengaruh dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan  tindakan memanfaakan peluang. Mengapa demikian ? Karena tidak semua orang akan mampu bertindak tepat ketika melihat suatu peluang yang ada dihadapan nya. Hanya orang-orang dengan kepribadian tertentulah yang akan mengambil dan memanfaatkan peluang tersebut.

Motivasi

Faktor yang juga sangat berperan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan adalah motivasi. Wirausaha di motivasi oleh keinginan untuk menentukan nasibnya sendiri. Ada 2 faktor yang melandasi motivasi seorang wirausaha, yaitu :

  • Kebutuhan Berprestasi 

Yaitu motivasi yang luas biasa pada seseorang untuk mendapatkan prestasi pada suatu bidang yang ia cita-citakan sehingga apa yang ia inginkan benar-benar tercapai/berhasil.

  • Keinginan untuk Independen
Yaitu motivasi yang kuat untuk dapat tidak tergantung pada orang lain. Faktor ini akan mendorong seseorang khususnya seorang wirausaha untuk berani dalam mengambil keputusan sendiri dalam memanfaatkan peluang dalam berwirausaha.

  • Evaluasi Diri

Faktor psikologis ketiga ini disebutkan oleh Shane adalah kemampuan evaluasi diri yang cukup tinggi. Sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Ada beberapa elemen yang mempengaruhi kemampuan evaluasi diri sari seseorang , yaitu :
  • Locus of control : kepercayaan seseorang bahwa ia mampu mengendalikan lingkungan sekitar nya.
  • Self efficacy : kepercayaan seseorang pada kekuatan diri nya dalam menjalankan tugas tertentu.

Karakteristik Kognitif

Karakteristik kognitif merupakan faktor yang mempengaruhi bagaimana seseorang berfikir dan membuat peluang di dalam mengembangkan peluang kewirausahaan. Seorang wirausaha harus membuat keputusan positif mengenai sesuatu yang belum dipahami banyak orang, dalam ketidakpastian, dan dalam informasi yang terbatas.

Berikut beberapa karakteristik kognitif yang dimaksud adalah :
  • Over confidence , yaitu kepercayaan pada peryataan diri yang melebihi keakuratan dari data yang diberikan.
  • Refresentatif , yaitu ke inginan untuk menggeneralisasi sebuah contoh kecil yang tidak mewakili sebuah populasi.
  • Intuisi , yaitu penggunaan perasaan dalam mengambil keputusan.






0 komentar:

Posting Komentar