8 Karakter Umum ini harus di miliki Jiwa Wirausaha

8 Karakter Umum ini harus di miliki Jiwa Wirausaha , Apa aja sih ?

8 karakter umum harus dimiliki jiwa wirausaha
ilustrasi 
Sebelum Penulis menjelaskan pengembangan pribadi kewirausahaan, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu karakteristik umum seorang wirausaha agar lebih jelas bagaimana membentuk seorang wirausaha sebenernya.

Ada beberapa karakteristik umum ada pada seorang wirausaha baik menurut pengalaman penulis maupun berbagai buku kewirausahaan yang pernah penulis baca dan pelajari. Karakteristik atau sifat-sifat tersebut adalah sebagai berikut :

1.Mampu Melihat Peluang

Seorang wirausaha adalah seorang yang mampu melihat peluang ketika orang lain tidak dapat melihat nya. Memang tidak banyak orang yang melihat sesuatu yang kelihatan nya biasa tetapi sebenernya mengandung suatu peluang bisnis yang dapat menjadi sesuatu yang luar biasa.

2.Berani Menanggung Resiko

Setiap usaha pasti ada resiko nya, sebagaimana seorang karyawan juga pasti  memiliki resiko. Hanya saja resiko sebagai seorang wirausaha tentunya jauh lebih besar ketimbang hanya jadi seorang karyawan.
Seorang wirausaha adalah seorang yang berani menanggung resiko dari apa yang di usahakan nya. Jika usaha nya berhasil ia akan memperoleh pendapatan yang relatif lebih tinggi dari pada seorang karyawan biasa.

3.Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Seorang wirausaha juga harus memiliki visi dan misi yang jelas jauh kedepan. Visi berarti  langkah-langkah ke depan, sementara Misi berarti  apa yang ingin dia capai. Seorang wirausaha harus tau apa yang akan dilakukan nya  pada beberapa tahun kedepan. Dia juga tau apa misi dari usaha yang dilakukan nya. Seorang wirausaha / pengusaha punya rencana kerja yang jelas dan terarah dalam menggapai visi dan misi nya.

4.Kreatif dan Inovatif

Seorang wirausaha dituntut untuk menjadi seorang yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Sifat kreatif dan inovatif ini diperlukan untuk mempertahankan usaha, karena dalam mengawali usaha dan menjalankan serta mengembangkan nya perlu daya kreatifitas dan inovasi yang baik.

5.Berjiwa Mandiri

Seorang yang berjiwa mandiri adalah orang yang tidak ingin selalu bergantung pada orang lain. Menentukan pilihan untuk berwirausaha berarti menentukan suatu pilihan hidup untuk berusaha secara mandiri. Berjiwa mandiri ini tentu nya bukan lah suatu yang ringan karena berbagai ujian dan kendala yang dihadapi sebagai seorang wirausaha pasti akan datang silih berganti. Namun hanya  mereka yang memiliki jiwa mandiri lah yang tidak menyerah dalam menghadapi itu semua.

6.Percaya Diri

Karakteristik lain dari seorang wirausaha adalah memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Karena Sifat percaya diri ini lah yang mampu mengarahkan / meyakinkan seseorang pada hasil produk yang di tawarkan nya sehingga orang pun tidak ragu .

7.Berpikir Positif

Seorang wirausaha adalah mereka yang selalu berpikir positif,Sebagai contoh ,didalam berusaha ia memiliki keyakinan bahwa apa yang ia lakukan nya pasti akan membuahkan keberhasilan .Didalam pikiran seorang wirausaha ,pesaing dapat memacu kita untuk tetap meningkatkan kualitas usaha kita.

8.Sabar 

Karakter lain nya dari seorang wirausaha yang mungkin tidak banyak disinggung orang adalah sifat sabar . Sifat sabar ini kelihatan nya begitu mudah di ucap namun tidak semudah memperaktekkan nya ,karna sabar itu perlu waktu,tenaga dan biaya ,baru akan mencicipi hasil nya. Ada pepatah mengatakan "berakit-rakit dahulu ,bersenang -senang kemudian", mungkin kata pepatah itu pantas menggambarkan seorang wirausaha dalam menggapai hasil itu butuh proses dan perjuangan.

So positif thinking  about " keep spirit and kontinue".



0 komentar:

Posting Komentar