Wirausaha di Lahirkan atau diCiptakan ?

Wirausaha di Lahirkan atau di Ciptakan

wirausaha dilahirkan atau diciptakan
Orang sering berkata , wirausaha itu diciptakan, jadi pengusaha itu harus melalui pendidikan secara khusus sehingga didalam menjalankan bisnis nya nanti dapat dengan mudah dicapai. Contohnya adalah  Ciputra , pengusaha  besar sekaligus bos Ciputra Group yang memiliki latar belakang pendidikan Insinyur Institut Tehnologi Bandung, atau juga Chairul Tanjung , Bos para Group yang menguasai bisnis Televisi seperti Trans TV dan Trans7 serta bank Mega. Dahulu latar belakang pendidikan Chairul Tanjung adalah Dokter Gigi dari Universitas Indonesia.

Orang lain ada juga yang menyatakan bahwa seorang wirausaha itu dilahirkan, artinya jadi pengusaha itu adalah dengan sendirinya. Bukan hasil suatu sekolah atau dengan  lembaga pendidikan tertentu. Sifat wirausaha nya dibawanya semenjak lahir,bukan lantaran suatu pendidikan tertentu sehingga ia tampil menjadi wirausaha. Contoh orang yang seperti ini di Indonesia adalah Liem Swie Lionng atau dikenal dengan nama Sudono Salim, pemilik Salim Group.

Namun baik dalam maupun diluar negeri sampai kini belum ada yang dapat memastikan seseorang yang berpendidikan wirausaha itu pasti menjadi wirausahawan atau pun seseorang yang membawa sifat wirausaha dari lahir pasti menjadi wirausahawan. Kedua nya bisa jadi sama benarnya tetapi keduanya pula pada kondisi tertentu juga belum tentu tepat. Kenapa demikian ? karena ada faktor lain yang dapat mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk menjadi wirausahawan, yaitu faktor kondisi atau keadaan seseorang. Dengan  kata lain yang mendorong seseorang menjadi wirausahawan antara lain sebagai berikut :

·         Sifat bawaan
·         Kondisi lingkungan
·         Dukungan pendidikan

Namun dengan demikian,untuk kasus-kasus di Indonesia banyak pula orang yang memulai menjadi wirausaha lantaran desakan linngkungan yang di alami nya, seperti desakan atas kondisi ekonomi yang sulit sehingga mendorong ia  untuk menentukan sikap untuk menjadi pengusaha/wirausahawan.


Oleh karna itu seseorang tidak bisa di tebak ia akan menjadi seorang pengusaha atau hanya menjadi seorang pekerja dari perusahaan lain ,terus berdoa ,usaha dan ikhtiar lah untuk menentukan hasil dari apa yang diupayakan .



0 komentar:

Posting Komentar