Pengembangan Pribadi Kewirausahaan

Pengembangan Pribadi Kewirausahaan



pengembangan pribadi kewirausahaan
Ada orang yang menyatakan bahwa menjadi seorang wirausaha adalah suatu jiwa yang memang dibawa sejak lahir. Penulis sepakat wirausaha yang dilahirkan maupun wirausaha yang lahir lantaran pendidikan dan pengalaman penulis menjalankan dan membesarkan bisnis untuk menjadi seorang wirausaha yang berhasil memerlukan pengembangan pribadi kewirausahaan yang itensif, sehingga di dalam mengarungi usaha yang begitu banyak ujian dan kendala yang dihadapi dapat mengatasi nya dengan baik. Ada pendapat yang menyatakan bahwa pengembangan pribadi wirausaha dimulai sejak dini.

Bagi seorang yang berpendidikan , pengembangan pribadi wirausaha dapat dimulai ketika dia masih dibangku sekolah dan terus menerus dikembangkan . Sebelum penulis menjelaskan pengembangan pribadi kewirausahaan, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu karekteristik umum seorang wirausaha sehingga menjadi lebih jelas bagaimana membentuk wirausaha sebenernya.

Peranan Sifat Wirausaha

Seorang wirausaha memang berbeda dengan seorang karyawan biasa. Ia memikul beberapa peran yang berbeda dibandingkan dengan seorang karyawan. Seorang pakar dari Barat, David Mc Clleland, menyebutkan ada beberapa ciri dasar peranan kewirausahaan yaitu :

Memikul resiko-resiko

Seorang wirausaha memang akan dihadapkan pada resiko yang lebih besar ketimbang seorang karyawan. Tetapi didalam konsep bisnis suatu pernyataan yang dapat diterima kebenarannya,yaitu  semakin tinggi resiko semakin tinggi pula hasil yang akan diterima melalui usaha tersebut. Oleh karena itu , bagi seorang pengusaha/wirausaha resiko adalah suatu hal yang biasa.

Kegiatan yang penuh Semangat dan Berdaya Cipta ( Inovasi )

Seorang wirausaha memang dituntut untuk selalu menghasilkan suatu inovasi yang kreatif sehingga dapat diterima oleh masyarakat dan lingkungan pada umumnya. Hasil karya terus menerus dibuat sebaik mungkin bahkan kalau bisa memiliki perbedaan ( diferensiasi ) dengan hasil karya yang dihasilkan oleh orang lain. Di samping itu , karya tadi senantiasa diperbaiki kualitasnya dan dijaga keunikan nya sehingga dapat terus diterima oleh  pemakai nya.

Tanggung Jawab Pribadi

Menjadi seorang wirausaha jelas memiliki tanggung jawab yang lebih besar ketimbang seorang karyawan biasa. Kenapa demikian ? Jawaban nya adalah karena seorang wirausaha bukan hanya bertanggung jawab terhadap karyawan yang dimiliki nya, yang senantiasa membantu nya didalam menghasilkan karya yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Pengetahuan tentang Hasil Keputusan

Sebagaimana seorang dokter ketika mengambil keputusan terhadap pasien nya ,seorang wirausaha harus memahami yang akan dihasilkan terhadap keputusan yang diambil. Seorang wirausaha juga dituntut untuk dapat mengetahui dan memahami hasil-hasil keputusan yang diambil oleh usaha nya. Seorang wirausaha harus mengetahui dampak berbagai keputusan yang diambil bagi kelangsungan bisnisnya. Seorang pengusaha juga harus mengetahui apakah ia telah bekerja dengan baik dan apakah karyawan nya sudah bekerja dengan baik sehingga dapat menghasilkan kinerja yang di inginkan ,yaitu laba yang di inginkan.



0 komentar:

Posting Komentar