Kewirausahaan dan Kepemimpinan

kepemimpinan dan wirausaha
leaderpreneurship
Bibit-bibit wirausahawan kini berangkat dari memiliki semangat serta kemampuan teknis yang memadai. Namun kedua hal itu tidak mencukupi. Bekal lain yang mesti dimiliki seorang wirausahawan adalah "Kedisiplinan dan Kepemimpinan".


Oleh karena itu mengembangkan elemen-elemen kepemimpinan yang terdiri atas kemampuan untuk  memimpin diri sendiri, orang lain, serta mengelola situasi menjadi "menu" wajib bagi wirausahawan. Dengan kata lain , disamping memiliki pengetahuan serta keterampilan kewirausahaan (entrepreneurship), seorang wirausahawan harus pula memiliki kualitas kepemimpinan (leadership) yang tinggi. Perpaduan ini lah yang boleh kita sebut Leadpreneurship .

Peran Kepemimpinan dalam Kewirausahaan

Orang-orang yang memiliki kualitas Leaderpreneurship yang tinggi adalah mereka yang mampu untuk mengubah sumber daya yang tadinya bernilai rendah menjadi sumber daya yang bernilai tinggi melalui pengambilan resiko-resiko yang terukur serta kemimpinan yang efektif.

Dalam leadpreneurship, mengejar serta memanfaatkan peluang lebih diutamakan dari pada pertimbangan sumber daya yang dimiliki.

Bagi seorang leadpreneur ,apa yang dilihat sebagai masalah bagi orang lain justru dianggapnya sebagai peluang. Bagi mereka masalah yang muncul itu merupakan peluang sekaligus juga tantangan,tetapi juga memilih peluang-peluang yang memang layak untuk di manfaatkan. Dan ia pun bekerja secara sistematis dan terarah dalam mengatasi tantangan yang ada,dengan demikian peluang nya lebih besar.

Kepribadian Seorang Leadpreneur

Kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang leadpreneur dapat di kelompokkan ke dalam akronim SUCCEED , yaitu :

Self-Confident
Utilize
Cashflow Spirit
Personality
Charismatic
Energetic
Empathic
Drive

Berikut Penjelasan nya .

Self -Confindent

Seorang leadpreneur harus memiliki kepercayaan diri  yang sangat tinggi (self-confident). Ia harus mengenali diri nya sendiri serta yakin akan pengetahuan,keterampilan, serta visi dan misi yang dimilikinya dalam rangka membantu mewujudkan cita-cita diri nya dan juga organisasi.

Utilize 

Seorang leadpreneur harus pula membekali diri nya dengan kemapuan memanfaatkan (utilize) secara optimal segala potensi serta sumber daya yang dimilikinya, seperti kekuatan pribadi , sumber daya manusia,finansial,infrastruktur, dan sebagainya demi tercapai nya visi,misi ,tujuan , serta sasaran perusahaan.

Cashflow Spirit

Seorang leadpreneur harus mengoptimalkan usaha nya guna menghasilkan arus kas yang maksimal, bukan hanya mengejar laba semata. Arus kas dalam jumlah yang memadai sangat penting guna membiayai kelancaran aktivitas operasional dan investasi perusahaan.

Charismatic

Biasa nya, seorang leadpreneur adalah seorang yang karismatik yang dapat "mempesona" orang lain. Hal ini bukan berarti seorang leadpreneur identik dengan kemampuan nya untuk berbicara dengan berapi-api.

Yang lebih penting adalah kepemimpinan melalui kesederhanaan dan kerendahan hati serta pola pikir yang dianut nya,bukan dari segala atribut lain yang disandang nya.

Energetic

Disamping karisma,leadpreneur adalah seorang yang antusias, selalu penuh dengan semangat setiap kali melakukan sebuah pekerjaan serta memiliki stamina (energetic). Ia harus menjadi sumber energi bagi karyawan yang dipimpin nya.

Empathic

Empathic berarti kemampuan mengindentifikasi serta memahami situasi , perasaan, serta motif yang dimiliki oleh orang lain.Untuk itu lah seorang leadpreneur harus menjadi pendengar yang baik bagi para pengikut nya . Para pengikut ini harus dibesarkan hati nya . Kepala mereka yang tertunduk harus di tegakkan guna menumbuhkan perasaan optimis ,dan semangat yang positif harus di pompakan sehingga para pengikut nya tidak larut dalam kesedihan akibat kesulitan dan kegagalan yang menimpa.

Drive

Drive adalah kemampuan menggerakkan orang lain untuk secara bersama-sama berjuang mewujudkan mimpi serta mencapai tujuan organisasi. Seorang leadpreneur harus mampu menggerakkan orang lain agar mereka melakukan hal-hal yang tidak diwajibkan sekalipun dengan penuh semangat .Dan tidak dengan cara memaksa atau mengancam sesuatu hal menakutkan,itu bukan ciri seorang pemimpin yang baik .


Demikian lah Kepribadian seorang wirausaha yang mesti dan harus dimiliki agar tercapai nya misi dan visi guna mengembangkan dan membangkitkan semangat leaderentrepreneurship.









0 komentar:

Posting Komentar