Pengertian Kewirausahaan

pengertian wirausaha
pengertian wirausaha
Dalam kehidupan sehari-hari , kita sering mengatakan bahwa setiap orang yang punya usaha sendiri disebut sebagai seorang wirausaha. Seorang pemilik toko disebut wirausaha. Seorang penjual gado-gado disebut sebagai orang yang ber-wirausaha atau bahkan seorang tukang ojek pun karena berusaha sendiri dalam arti tidak bekerja untuk orang lain ,kadang disebut pula sebagai wirausaha. Namun sebenernya ,apakah sebutan wirausaha untuk orang-orang tersebut tepat ?

Apakah sebenernya pengertian kewirausahaan itu ? Kewirausahaan sebenernya berasal dari kata wira-usaha yang secara sederhana berarti orang yang berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kemampuan untuk berani mangambil resiko dan menciptakan sesuatu yang baru.

Kewirausahaan Menurut seorang pakar manajemen modern bernama Peter F.Drucker mengatakan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kewirausahaan menurut Pakar lain nya Zimmerer menyatakan bahwa kewirausahaan sebagai proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk mempebaiki kehidupan.

Seorang wirausahawan kadang kala disamakan dengan seorang wiraswasta, Namun sebenernya seorang wirausahaan berbeda dengan seorang wiraswastawan. Seorang wirausahawan membutuhkan berbagai keterampilan yang tidak dimiliki oleh seorang wiraswastawan. Seorang wirausahawan harus memiliki keterampilan untuk mengola orang lain,seorang wirausahawan juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik sehingga dapat mengelola dan mengarahkan orang lain. Seorang wirausahawan biasanya memiliki usaha yang banyak melibatkan banyak orang dengan tuntutan keterampilan yang cukup besar.

Sementara itu,seorang wiraswastawan adalah orang yang hanya bekerja sendiri,melakukan aktivitas bisnis sendiri, walaupun kadang dibantu oleh orang lain. Seorang wiraswastawan tidak terlalu membutuhkan keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang sukar, ia cukup butuh keterampilan apa adanya, karena biasanya skala usaha nya pun tidak terlalu besar , sehingga pengelolaan usaha nya menjadi tidak terlalu rumit dan melibatkan orang banyak.

0 komentar:

Posting Komentar