Seorang Wirausaha Wajib Tau Konsep Pemasaran,ini Ulasan nya

konsep pemasaran
konsep pemasaran
Ada lima konsep yang berkembang ,yaitu Konsep Produksi (Production Concept ), Konsep ProdukProduct Concept ), Konsep Penjualan ( Selling Concept ), Konsep Pemasaran ( Marketing Concept ), dan Konsep Sosial ( Sosial Concept ) .

Evolusi yang terdapat dalam perkembangan kehidupan menajemen pemasaran adalah :

1.Konsep Produksi ( Production Concept ) 

Konsep Produksi bertitik tolak dari anggapan bahwa konsumen ingin produk yang berharga murah dan mudah didapatkan. Produsen yang menganut konsep ini akan membuat produksi secara massal, menekankan biaya dengan efesiensi tinggi, sehingga harga pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual lebih rendah dari  pesaing.

Produsen tipe  ini akan mendistribusikan hasil produksi nya keseluruh pelosok agar mudah diperoleh konsumen. Konsep ini merupakan konsep awal dari produsen untuk menguasai pasar.Konsep  ini sangat berhasil jika memang belum banyak saingan dan konsumen belum memperhatihkan kualitas.

2.Konsep Produk ( Product Concept )

Pada saat barang masih langkah di pasar, produsen memusatkan perhatian pada teknis pembuatan produk saja. Produsen belum memperhatihkan selera konsumen. Produsen hanya membuat barang dengan to please one self , hanya menuruti bagaimana selera produsen sendiri. Produsen hanya melihat ke cermin, tidak melihat jendela. Orang melihat cermin hanya memperhatihkan wajahnya saja ,yaitu ia membuat barang yang cocok dengan kemauannya. Lain hal nya jika melihat jendela,berarti  melihat orang yang berada di luar/dijalan, produsen memperhatihkan orang lain.

Mengapa kaum  produsen menganut product concept ini ? Karena produsen mendasarkan pemikirannya pada premis-premis berikut :
  • Konsumen akan lebih memperhatihkan mutu berbagai barang sebelum mereka membeli.
  • Konsumen mengetahui perbedaan mutu berbagai macam barang
  • Konsumen selalu mencari barang dengan mutu baik
  • Produsen harus selalu menjaga mutu untuk mempertahankan pelanggan.

3.Konsep Penjualan ( Selling Concept )

Disini produsen membuat barang ,kemudian menjual barang itu dengan berbagai teknik promosi. Hal yang penting disini adalah adanya kegiatan promosi secara maksimal  . Paham dari konsep ini adalah bahwa konsumen pasti akan mau membeli barang bila mereka dirangsang untuk membeli . Promosi besar-besaran adalah merupakan ciri khas selling concept.

Premis yang mendasari konsep penjualan ini adalah :
  • Konsumen cenderung menolak membeli barang yang tidak penting,oleh sebab itu mereka didorong untuk membeli.
  • Konsumen dapat dipengaruhi melalui stimulasi promosi
  • Tugas produsen adalah mendorong penjualan.

4.Konsep Pasar ( Marketing Concept )

Disini produsen tidak sekadar membuat barang dan tidak puka asal melancarkan promosi. Akan tetapi , produsen memusatkan perhatian pada selera konsumen. Produsen memperhatihkan needs dan wants dari konsumen. Dalam hal ini produsen tidak lagi melihat cermin,tetapi dia melihat jendela. Dengan begitu berarti dia memperhatihkan orang yang berada di luar sekitar nya .

Konsumen tidak hanya sekedar membeli fisik barang, tetapi mengharapkan sesuatu manfaat dari barang itu. Kemudian ini disebut dengan wants ,yaitu ada seseuatu  yang lain yang diharapkan setelah membeli barang tersebut. Jika konsumen dapat dipuaskan, maka kegiatan marketing perusahaan sukses.
Premis yang mendasari konsep pemasaran ini adalah :
  • Konsumen selalu memilih barang yang dapat memuaskan needs dan wants nya 
  • Konsumen dapat dikelompokkan berdasar need dan wants nya
  • Tugas organisasi ialah meneliti dan menetapkan segmentasi dan memilih pasar serta mengembangkan program pemasaran yang efektif.

5.Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial (Sosial Concept Responsibility)

Tingkat orientasi pada rasa tanggung jawab sosial dan kemanusiaan. Banyak nya kritik dan sorotan dari luar perusahaan, baik yang datang dari pemerintah maupun dari masyarakat melalui lembaga konsumen. Dengan demikian perusahaan harus memiliki rasa tanggung jawab moral untukyani masyarakat sebaik-baiknya. Tanggung jawab sosial ini dalam arti luas harus menghasilkan barang yang baik ,tidak merusak kesehatan masyarakat. Misal nya ,menggunakan sumber daya alam secara bertanggung jawab dengan selalu menjaga kebersihan air dan kebersihan udara dari ancaman pulosi serta mengurangi kebisingan oleh mesin pabrik. Semua ini dilakukan dalam rangka menciptakan suasana kehidupan yang baik dan tentram dengan penuh rasa tanggung jawab,tidak mementingkan keuntungan perusahaan semata.

Premis yang mendasari pemikiran produsen untuk mengembangkan responsibility ini adalah :
  • Gejala consumerisme ( Gejala protes dari konsumen terhadap ketidakpuasan yang dilakukan oleh produsen atau penjual)
  • Masyarakat selalu menuntut tanggung jawab organisasi,begitu mereka mendapat perlakuan yang kurang baik dan bila ekosistem mereka terganggu.
  • Anggota masyarakat selalu menghendaki jaminan keselamatan terutama terhadap komoditas yang mereka beli.

Demikian lah beberapa konsep -konsep pemasaran yang perlu kita terapkan dalam hal pemasaran oleh pelaku wirausaha maupun perusahaan.






0 komentar:

Posting Komentar