Riyawat Hidup atau Curriculum Vitae/Resume

Riyawat Hidup atau Curriculum Vitae/Resume 

CV Curriculum Vitae
CV Curriculum Vitae
CV atau Riayawat Hidup adalah Catatan singkat tentang gambaran diri seseorang yang merupakan sumber informasi bagi calon atasan. Selain berisi data pribadi, gambaran diri tersebut meliputi keterangan tentang pendidikan/keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan merefleksikan gambaran kemampuan atau kualifikasi seseorang.

Dari penampilannya riwayat hidup tidak mempunyai format yang standar. Akan tetapi yang jelas riwayat hidup ditulis seperti karangan singkat, dan apabila diamati lebih lanjut termasuk ke dalam surat keterangan pribadi.

Isi riwayat hidup dapat dikembangkan atas 4 atau 5 sub judul, yaitu :

Data Pribadi

Berisi nama, alamat ,nomor telepon yang bisa dihubungi, faksimili (kalau ada). Bila usia menjadi syarat utama ,sebutkan tempat dan tanggal lahir anda.

Riwayat Pendidikan

Dari sekolah tingkat lanjutan ke atas. TK dan SD tidak perlu dicantumkan.

Pengalaman Bekerja

Sebutkan pengalaman yang menguntungkan dan mempunyai cerita baik, bila pengalaman kerja anda sudah lebih dari 10 tahun maka pekerjaan awal tidak perlu diterangkan panjang lebar. Usahakan ditulis dalam 1 kalimat pendek. Lupakan pengalaman kerja yang tidak menyenangkan , atau terlalu pendek jangka waktunya ( 2 minggu sebulan ). Alasan meninggalkan pekerjaan terdahulu tidak selalu harus dicantumkan.

Keterangan Lain

Segala sesuatu yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal, melainkan melalui pengalaman atau kursus-kursus yang tergolong pendidikan non-formal

Referensi Pribadi

Boleh dicantumkan dan boleh juga tidak . Didalam referensi tidak usah mencantumkan "Referensi available on request" ,karena hal itu hanya mencari masalah. Akan tetapi siapkan referensi bila benar-benar diminati/diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar